"You can close your eyes to the things you don't want to see, but you can't close your heart to the things you don't want to feel." - Johnny Depp

Sabtu, 27 Oktober 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Tulisan ini saya buat berdasarkan tugas yang saya miliki, yaitu: Ilmu Budaya Dasar. Dalam mengerjakan tugas ini saya sadari banyak sekali tulisan-tulisan atau post tentang 'Manusia dan Cinta Kasih', dengan begitu membantu saya untuk mengerjakan tugas ini.




Sebelum lebih jauh membahas Manusia dan Cinta Kasih lebih baik kalau kita mengetahui lebih dulu apa itu 'Cinta' dan 'Kasih'. Berikut saya kutip dari Dofadriod.
Menurut kamus umum bahasa Indonesia, cinta adalah rasa sangat suka kepada ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih artinya perasaan sayang atau cinta atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta.
Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya, cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Cinta memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas mengikuti perintah-Nya dan berpegang teguh pada syariat-Nya.
Pengertian tentang cinta dikemukakan juga oleh Dr. Sarlito W. Sarwono. Dikatakannya bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu keterkaitan, keintiman dan kemesraan. Yang dimaksud dengan keterkaitanadalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi bersama orang lain kecuali dengan dia. Kalau janji dengan dia harus ditepati. Unsur yang kedua adalahkeintiman, yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan:sayang dan sebagainya. Unsur yang ketiga adalah kemesraan, yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang rnengungkapkan rasa sayang, dan seterusnya.
Di dalam kitab Suci Alqur’an, ditemukanya fenomena cinta yang bersembunyi di dalam jiwa manusia. Cinta memiliki tiga tingkatan-tingkatan : tinggi, menengah dan rendah. Tingkatan cinta tersebut di atas adalah berdasarkan firman Alloh dalam surah At-Taubah ayat 24 yang artinya sebagai berikut:
katakanlah: jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai; adalah lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.


Membicarakan Cinta Kasih itu sangatlah luas seluas samudera, sangat panjang sepanjang gurun Sahara dan sedalam-dalamnya lautan India. Namun membicarakan Cinta Kasih belum lah lengkap jika kita tidak menghubungkannya dengan makhluk hidup. Sebagian besar rasa Cinta Kasih ini dirasakan oleh Manusia, baik itu cinta kasih kepada Tuhan, cinta kasih kepada sesamanya, ataupun cinta kasih kepada makhluk lainnya seperti hewan dan tumbuhan.

Saya ingat ketika membaca salah satu post di Febi Hediyanto Blog. Di sana Cinta Kasih kepada Tuhan diibaratkan Matematika:


....Tapi, diibaratkan Matematika, masih tetap,
a = besarnya cinta manusia
b = cinta Allah kepada manusia
Maka pasti b>a

Jika kita asumsikan, untuk melihat apa yang paling kuat dan besar di dunia ini
a=1  b=2  c=3  d=4  e=5  f=6  g=7  h=8  i=9  j=10  k=11  l=12  m=13  n=14  o=15  p=16  q=17  r=18  s=19  t=20  u=21  v=22  w=23  x=24  y=25  z=26

KERJA KERAS bernilai :
11 + 5 + 18 + 10 + 1 + 11 + 5 + 18 + 19 + 1 = 99%


H-A-R-D-W-O-R-K
8 + 1 + 18 + 4 + 23 + !5 + 18 + 11 = 99%

K-N-O-W-L-E-D-G -E
11 + 14 + 15 + 23 + 12 + 5 + 4 + 7 + 5 = 96%

A-T-T-I-T-U-D-E
1 + 20 + 20 + 9 + 20 + 21 + 4 + 5 = 100%


Kalau kita lihat, Attitude / Sikap memang bernilai 100%, karena dalam pencapaian hidup yang sempurna, tentu kita harus memiliki sikap yang baik dan positif,
Tetapi, LOVE OF GOD :
12 + 15 + 22 + 5 + 15 + 6 + 7 + 15 + 4 = 101%

atau, SAYANG ALLAH :
19 + 1 + 25 + 1 + 14 + 7 + 1 + 12 + 12 + 1 + 8 = 101%


Cinta Tuhan kepada kita masih lebih besar dari apa yang ada di dunia ini, pun itu dengan sikap.


Cinta kasih ada bermacam-macam seperti yang diungkapkan Triajiwantoro Blog:



Adanya beberapa macam cinta kasih, yaitu sebagai berikut :
a.       Cinta kasih antar orang tua dan anak. Orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta kasih terhadap anak. Mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna dikemudian hari.

b.      Cinta kasih antara pria dan wanita. Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, apalagi memberikan seuntai mawar merah, berarti ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.

c.       Cinta kasih antara sesama manusia. Apabila seorang sahabat berkunjung ke rumah kawannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.

d.      Cinta kasih antara manusia dan Tuhan. Apabila seorang taat beribadah, menurut perintah Tuhan, dan menjauhi larangan-Nya, orang itu mempunyai cinta kasih kepada Tuhan penciptanya.

e.       Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya. Apabila seseorang menciptakan taman yang indah, memelihara taman pekarangan, tidak menebang kayu di hutan seenaknya, menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan secara semena-mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi lingkungan hidupnya.

Cinta kasih memang tidak pernah lepas dari hidup kita, bahkan ketika kita sudah meninggalkan dunia ini pun cinta kasih masih menyertai kita di alam sana. Cinta kasih itu berupa doa dari orang yang masih hidup untuk kita. Bahkan untuk manusia yang paling tidak baik di dunia ini pun masih mendapatkan cinta kasih. Maka jangan pernah mengelak dari cinta dan kasih karna ia akan tetap mengiringi langkah kita kemana pun.


Sumber:
http://dofadroid.blogspot.com/2012/04/ibd-manusia-dan-cinta-kasih.html
http://febi-hediyanto.blogspot.com/2012/03/manusia-dan-cinta-kasih.html
http://triajiwantoro.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-cinta-kasih.html


Nama: Andi Nur Elfira Chaerunnisa
NMP: 10512766
Kelas: 1PA03

0 who talk about:

Posting Komentar

Labels

1PA03 (10) 2PA05 (4) cinta (2) cowo (3) Favorit (1) Gundar (17) Homemade (1) Kampus (14) kesel (1) Kuliah (15) Resep (1) satnite (1) sendiri (3) Softskill (15) Tugas (15)