"You can close your eyes to the things you don't want to see, but you can't close your heart to the things you don't want to feel." - Johnny Depp

Sabtu, 27 Oktober 2012

ETIKA MENULIS DI INTERNET

Kembali lagi saya menuliskan tugas Ilmu Budaya Dasar saya yang bertema Etika Menulis di Internet. Seperti biasa saya akan mengutip dari beberapa blog dan saya rangkai dalam tulisan saya. Mula-mula saya akan mengajukan pertanyaan "Apakah segala tulisan yang ada di Internet ini sudah benar dan dapat dipercaya?" Sudah dapat dipastikan jawabannya adalah "Tidak". Mengapa? Tidak semua pengguna internet tahu, mengerti dan mau menerapkan etika yang benar. Bahkan mungkin di beberapa tulisan saya sebelummnya saya tidak menulis dengan etika yang baik.



Karena saya menyadari hal tersebut dan mendapat tugas ini, maka saya akan memberitahukan beberapa etika yang seharusnya digunakan untuk menulis di internet. Salah satu seminar Quarter Deck tahun 1996 merumuskan Etika berInternet yang oleh sekelompok orang diberi nama "TEN COMMANDMENTS OF THE NET". Mereka berharap Etika ini dapat dipergunakan untuk membuat Internet semakin
bermanfaat bagi manusia.

Sepuluh Etika itu adalah:
  1. Jagalah kehormatan diri Anda di Internet sebagaimana Anda menjaganya dalam kehidupan nyata. Jangan hanya karena Anda merasa tidak dikenali lalu berlaku kasar atau tidak pantas.
  2. Ingatlah bahwa di Internet Anda berhubungan dengan manusia, bukan cuma komputer. Perlakukanlah mereka sebaik perlakuan yang anda inginkan dari mereka. Bisa juga dibalik. Perlakuan yang Anda terima akan sepadan dengan cara anda memperlakukan mereka.
  3. Jangan memboroskan bandwidth dan waktu akses dengan mengirim grafik, gambar dsb. Kecuali memang tak terhindarkan.
  4. Jangan terdorong untuk selalu kontroversial. Dunia ini sudah penuh keragaman. Hargailah pendapat orang lain dan jangan memaksakan pendapat. Jangan memulai atau memprovokasi pertengkaran yang dapat dihindarkan atau dihentikan.
  5. Berbagilah pengetahuan yang berharga. Internet akan berkembang terus dan akan semakin mudah diakses. Saling berbagilah untuk meningkatkan kualitas diri.
  6. Hindarkan anak anak dari informasi yang belum sesuai bagi pertumbuhannyaInternet adalah sumber informasi tanpa batas dan sangat mudah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Awasilah bagaimana anak Anda menggunakan internet.
  7. Jangan melanggar hukum. Hukum yang berlaku didunia nyata, banyak yang juga berlaku di Internet, termasuk hak perorangan, kecurangan dan penyesatan, hak cipta dan merk, gangguan, hujatan dan masalah kerahasiaan. Berlaku wajarlah seperti didunia nyata.
  8. Hormatilah privasi peserta lainnya. Jangan menyebar e-mail address seseorang tanpa ijin, seperti halnya kita tidak meyebarkan nomor telepon seseorang semaunya. Juga jangan mendaftarkan email orang lain ke milis atau newsgroup tanpa seijinnya.
  9. Jangan memanfaatkan keberadaan anggota group untuk tujuan lainKeberadaan banyak orang di Internet memang dapat dimanfaatkan untuk bisnis, tetapi tidak semua milis atau news group pantas untuk itu.
  10. Siaplah memaafkan kesalahan seseorang. Internet dihuni banyak orang, bukan komputer. Dan manusia dapat saja berbuat salah.

CARA MENULIS YANG BAIK
  1. Gunakan bahasa yang sopan.
  2. Jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (kekunci Caps Lock) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan dan kurang ajar. Orang mungkin menganggap anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali. Anda tentu pergi sekolah dan belajar membuat karangan, jadi gunakan ilmu tersebut. Gunakan huruf besar dan kecil pada tempatnya, bukan huruf besar kesemuanya, ataupun ayat yang tunggang-terbalik.
  3. Kenali dengan siapa anda bicara. Mengenali lawan bicara kita akan membuat kita lebih berhati-hati dalam menulis. Jika belum mengenali siapa lawan bicara (atau lebih tepatnya lawan menulis) gunakan bahasa yang umum. Tidak gaul dan sedikit resmi tidak masalah yang penting tidak menimbulkan masalah.
  4. Jangan lebay (berlebihan)
  5. Lebay adalah bahasa gaul yang saat ini sedang ngetrend. Berlebihan dalam memakai tanda baca dan huruf. Biasanya anak2 remaja yang menggunakan “teknik” ini. Entah biar gaul atau apa namanya. Yang mereka lakukan adalah mengkombinasi huruf dengan angka dan tanda baca sulit atau menggunakan tanda baca yang berlebihan seperti ini: 'k4p4n m4uh k3 j3k4rd44h? (kapan mau ke Jakarta)' atau 'kug bica begituh ya????????????'
  6. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
  7. Tuliskan sumber dari tulisan Anda. Pencantuman sumber tulisan sangat penting dilakukan sebagai penghargaan kita terhadap jerih payah orang lain dalam pembuatan artikel yang mereka buat dan sebagai pencegahan dari yang namanya PLAGIAT.
  8. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
  9. Jelaskan masalah anda secara detil berikut dengan data yang ada.
  10. Buat agar e-mail anda informatif dan tidak asal panjang lebar.
  11. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  12. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak lain.
  13. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan anda.
  14. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.
  15. Jika ada yang menjawab dengan kasar, biarkan saja.
  16. Jangan tersinggung.
  17. Jangan posting ulang pertanyaan anda.
  18. Jangan melakukkan personal attack.
  19. Jangan menulis hal-hal yang berbau SARA dan Pornografi.


Demikian sedikit etika menulis di internet.
Semoga dapat menjadi acuan bagi pengguna internet.


sumber:


Nama: Andi Nur Elfira Chaerunnisa
NMP: 10512766
Kelas: 1PA03


0 who talk about:

Posting Komentar

Labels

1PA03 (10) 2PA05 (4) cinta (2) cowo (3) Favorit (1) Gundar (17) Homemade (1) Kampus (14) kesel (1) Kuliah (15) Resep (1) satnite (1) sendiri (3) Softskill (15) Tugas (15)