"You can close your eyes to the things you don't want to see, but you can't close your heart to the things you don't want to feel." - Johnny Depp

Sabtu, 14 November 2015

Tugas 3 - CBIS

DEFINISI

Sumber daya konseptual sangat abstrak sehingga sulit untuk dikelola. Cara pengelolaannya adalah dengan mengubah menjadi simbolsimbol yang memiliki value (nilai), sehingga dapat dikalkulasi. Cara pengelolaan sumber daya koseptual ini yang paling tepat adalah dengan menggunakan bantuan mesin, dalam hal ini komputer. Dengan demikian sistem informasi manajemen akan lebih efektif apabila dikelola atau berbasis komputer. Sistem informasi berbasis komputer tersebut lebih dikenal sebagai (computer-based information system) atau CBIS.



Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas antara lain: data, informasi, sistem, sistem informasi, dan “basis komputer” sebagai kata kuncinya.

Evolusi CBIS

Berfokus pada EDP (Electronic data processing)
Pada masa sebelum terkomputerisasi, perusahaan-perusahaan cenderung menolak kebutuhan informasi menggunakan managers. Praktek ini diteruskan dengan computer pertama, yang hanya digunakan dengan aplikasi akuntansi
Selama periode ini, yang bertahan hingga pertengahan ’60-an, aplikasi computer dinamakan electronic data processing atau EDP. Kata tersebut sudah jarang digunakan lagi, bahkan ketika digunakan pun mengandung konotasi negatif, yang artinya keterbatasan penggunaan computer untuk memproses penghitungan data alih-alih memproduksi informasi manajemen. Kata yang digunakan untuk mendeskripsikan aplikasi computer yang masih berjalan adalah data processing atau DP.

Berfokus pada SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Pada tahun 1964, generasi terbaru peralatan computer diperkenalkan dan mendapatkan pengaruh dalam hal penggunaan dari computer yang digunakan. Computer terbaru ini merupakan yang pertama menggunakan silicon chip circuit dan menawarkan keuntungan untuk kecepatan proses lebih besar per dollar. Perusahaan bisa berpindah ke computer dengan kapasitas penyimpanan lebih besar dan dengan perlengkapan komunikasi data untuk harga yang relative sama. Konsep ini menggunakan computer sebagai management information system, atau MIS, dipromosikan oleh perusahaan computer untuk membenarkan peralatan tambahan.

Berfokus pada komunikasi (Otomatisasi Kantor)
Ada gerakan untuk menerapkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk permasalahan bisnis. Ide dasarnya adalah AI bisa melakukan pemrosesan logika seperti manusia. Subkelas dari AI yang mendapatkan perhatian khusus adalah expert system karena merupakan fungsi yang sesuai. Sebagai contoh, expert system dapat menyediakan bantuan kepada manager seperti halnya dari konsultan manajemen

Referensi:
Ukar, K. (2006). Student Guide Series Pengenalan Komputer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Wahyono, T. (2003). Computer based information system (CBIS). Kuliah Berseri IlmuKomputer.com, 1,  1-5.
Wulandari, D.I., Fajrina, N.A., Abdianti, Y. (2015). Computer based information system (CBIS). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, 1, 1-5.

0 who talk about:

Posting Komentar

Labels

1PA03 (10) 2PA05 (4) cinta (2) cowo (3) Favorit (1) Gundar (17) Homemade (1) Kampus (14) kesel (1) Kuliah (15) Resep (1) satnite (1) sendiri (3) Softskill (15) Tugas (15)