"You can close your eyes to the things you don't want to see, but you can't close your heart to the things you don't want to feel." - Johnny Depp

Sabtu, 17 Oktober 2015

Sistem Informasi Psikologi

Apakah pengertian sistem informasi psikologi itu? Berikut akan dijabarkan per-kata, yaitu pengertian sistem, pengertian informasi dan pengertian psikologi sendiri dari berbagai tokoh. 

Pengertian Sistem

Jogianto : Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi (dalam Kursini, 2007).
Murdick, R. G. : Suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur / bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan tertentu (dalam Hutahean, 2014).
Jerry Futz Gerald : Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu (dalam Hutahean, 2014).
Davis, G. B. : Sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran (dalam Hutahean, 2014).
Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo : Suatu sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional anara tiap-tiap objek dan hubungan antara ciri tiap objek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional (dalam Hutahean, 2014).

Pengertian Informasi

Gordon B. Davis : Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang (dalam Hutahean, 2014).
Raymond Mc. Leod : Informasi merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti penting bagi penerimanya dan berguna untuk pengambilan keputusan, baik saat itu juga maupun masa yang akan datang (dalam Hutahean, 2014)
Kusrini (2007) : Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi. Data belum memiliki nilai sedangkan informasi sudah memiliki nilai. Informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih besar dibanding biaya untuk mendapatkannya.

Pengertian Psikologi

Gunarsa (2004) : Psikologi berasal dari psyche yakni jiwa dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa seseorang yang diselidiki melalui perilakunya karena perilaku seseorang adalah hasil interaksi antara dirinya dengan lingkungan, maka perilaku harus dipelajari dalam hubungan dengan lingkungannya.
Wundt : Psikologi merupakan ilmu tentang kesadaran manusia. Pengertian tersebut memberikan pemahaman bahwa psikologi juga mempelajari tentang kesadaran manusia dalam berbagai hal (dalam Basuki, 2008)
Wade dan Tarvis (2009) : Psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental serta cara perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal. 

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Psikologi adalah seperangkat elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu dan berupa data-data mengenai perilaku manusia yang terlihat maupun tidak terlihat secara langsung sehingga data tersebut dapat diolah menjadi bentuk yang bernilai dan dapat mempengaruhi keputusan-keputusan baik yang sekarang maupun yang akan datang.

Sumber:
Basuki, H. (2008). Psikologi Umum. Jakarta : Universitas Gunadarma.
Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi praktis : Anak, remaja, dan keluarga. Jakarta : Gunung Mulia.
Hutahean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish.
Kusrini. (2007). Sistem informasi akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL server. Jakarta : Penerbit Andi.
Tavris, C. dan Wade, C. (2009). Psikologi : Edisi 9 - Jilid 1. Jakarta : Erlangga.


0 who talk about:

Posting Komentar

Labels

1PA03 (10) 2PA05 (4) cinta (2) cowo (3) Favorit (1) Gundar (17) Homemade (1) Kampus (14) kesel (1) Kuliah (15) Resep (1) satnite (1) sendiri (3) Softskill (15) Tugas (15)